043. 25 Days Songs Challenge: #10 A Song by Your Favorite Band


恭喜发财!
Gong Xi Fa Chai!
Selamat Tahun Baru Imlek 2567!

Semoga di tahun yang baru ini, khususnya bagi yang merayakan, menjadi tahun yang penuh keberkahan dan keberuntungan! Amin. Kalau menurut perhitungan kalender Cina, tahun ini merupakan year of monkey. Bagi kalian yang menonton acara-acara TV di pergantian tahun kemarin, pasti sadar dong kenapa sebagian idolanya pakai kostum dan kuping monyet.

Nah biasanya nih, kalau lagi Imlek gini, bahasan-bahasan seperti ramalan peruntungan di tahun ini menjadi trending topic. Buat kamu yang penasaran dengan prediksi-prediksi di tahun monyet api ini, bisa dibaca selengkapnya di sini.
Meskipun saya nggak merayakan, saya cukup menikmati hype dari perayaan tahun baru Imlek ini. Selain saya juga suka membaca ramalan-ramalan dan peruntungan sejenis karena yang namanya membaca itu equal banget dengan menambah wawasan, saya juga menikmati festival-festival yang biasa diadakan seperti atraksi barongsai dan dekorasi-dekorasi lampion serba merah. Yap, saya memang penyuka disain dan dekorasi, terutama lampion. Dan nggak jarang juga saat Imlek ini saya manfaatkan untuk membeli merchandise-merchandise seperti gantungan kunci warna merah dengan hiasan uang logam di bagian tengahnya. Ya buat koleksi aja XD

Oh ya sedikit informasi juga nih barangkali ada yang belum tahu, kenapa sih kalau perayaan Imlek ini cenderung dekorasinya serba merah? Karena bagi masyarakat Tionghoa, warna merah merupakan simbol keberuntungan. Harapannya dengan dekorasi yang serba merah ini, banyak keberuntungan yang akan datang di tahun tersebut.
Apakah ada yang bernasib seperti saya, tidak merayakan tapi ikutan heboh di perayaan Imlek ini? 😀

#10 A Song by Your Favorite Band

Dan akhirnya, 25 days songs challenge ini mencapai Day 10! *clap clap*
よかったですね。#殺せんせーモード
Dan masih ada 15 hari tersisa. Semangat! Semoga masih terus konsisten bertahan sampai Day 25, dan harapannya masih berlanjut terus, mungkin dengan writing challenge yang lain 😛

Berbicara tentang favorite band, mungkin sebagian orang akan bilang “wah, idol group lagi nih pasti”. Nah, kali ini saya mau membahas group dengan format real band dimana terdapat vokalis dan pemain instrumen, serta menulis lirik lagunya sendiri. Karena suka eksplorasi musik, saya pun nggak cuma mendengarkan 1-2 band saja. Tapi yang paling saya suka karena style musiknya cenderung easy listening adalah Ikimonogakari. Banyak sekali lagu Ikimono yang saya suka, tapi kalau disuruh memilih yang paling favorit adalah Planetarium. Lagu ini merupakan single ke-11 Ikimono, yang juga menjadi theme song untuk NHK drama Cat Street.

Ikimono merupakan trio yang beranggotakan Yoshioka Kiyoe (vokal), Mizuno Yoshiki (gitar, vokal, leader), dan Yamashita Hotaka (gitar, harmonika). Ketiganya secara bergantian menulis seluruh lagu Ikimono, biarpun kebanyakan ditulis oleh Yoshiki. Ikimono debut di tahun 2006 dengan single SAKURA. Mereka aktif mengisi soundtrack untuk anime maupun TV drama, membuat lagu-lagu mereka mudah dikenal banyak orang.

Sejak debut sampai sekarang, Ikimono menjadi salah satu band Jepang yang cukup terkenal dan setiap rilisan single dan albumnya selalu laris manis, selalu bertahan di Oricon Chart. Wow, keren ya?
Yang membuat saya suka dengan Ikimono adalah mereka sering menggunakan instrumen-instrumen yang bersifat orkestra, membuat lagu mereka “kaya” untuk ukuran band. Selain itu, vokal Kiyoe yang kuat dan sangat bagus saat live performance juga membuat Ikimono menjadi salah satu band yang berkualitas. Padahal Kiyoe kalau lagi live ini tergolong yang pecicilan lho. Salah satu vokal Kiyoe yang terbaik menurut saya adalah di lagu YELL.

Belakangan ini, saya tergolong sudah jarang mendengarkan lagu-lagu Ikimono karena library playlistnya sudah kebanyakan lagu idol group #PLAK. Tapi gara-gara menulis ini, saya jadi ingin mendengarkan ulang, terutama lagu-lagu lamanya yang menurut saya pribadi lebih baik daripada lagu-lagu baru mereka. Overall sih, semua lagu mereka bagus kok 🙂

Pesan khusus untuk Ikimonogakari, teruslah berkarya! Karena kami masih butuh band-band seperti Ikimono di tengah idol group baru “nan imut” yang terus bermunculan dan mendominasi musik Jepang XD


Video & Picture Credits:
✿ Chinese New Year from FASTHINK
✿ Lantern from Lunar New Year 2016
✿ 熊井友理奈 from Hello!Online
✿ いきものがかり from japanrockers 81 @ blogspot, EIMUSICS, SYNC MUSIC JAPAN, Ikimono-World
✿ Video from KINGKaz 81 @ YouTube, WW Studio @ YouTube
Kindly let me know if you want your picture removed from my blog, thank you 🙂

Leave a comment